Jumat, 08 Mei 2009

Pengertian Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) dalam bahasa Inggris disebut ICT (Information and Communication Technology), secara umum dapat didefinisikan sebagai teknologi-teknologi yang berhubungan dengan pengambilan,. pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi. Berarti mencakup semua perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) dan kandungan isi (content). Dapat juga diartikan sebagai gabungan teknologi-teknologi yang menyertai proses komunikasi untuk menyampaikan informasi.

Istilah TIK atau ICT muncul diawali dengan perkembangan teknologi komputer yang sangat pesat (baik hardware maupun softwarenya) yang memungkinkan manipulasi dan pengolahan informasi secara lebih efektif dan efisien (berdaya jangka luas) sehingga munculah teknologi informasi. Kemudian teknologi informasi ini berpadu dengan teknologi komunikasi sebagai sarana penyebaran informasi pada paruh abad ke-20. Jadi, TIK mencakup dua aspek, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknolgi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses manipulasi dan pengolahan informasi, sedangkan Teknologi Komunikasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses penyampain informasi dari pengirim ke penerima.


Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat, jauh melampaui bidang-bidang teknologi lainnya. Bahkan sampai awal abad ke-21 ini, dipercaya bahwa TIK masih akan terus berkembang pesat dan belum terlihat titik jenuhnya sampai beberapa dekade mendatang. Bahkan pada tingkat global, perkembangan TIK telah mempengaruhi seluruh bidang kehidupan umat manusia, sehingga tidak ada satupun peralatan hasil inovasi teknologi yang tidak memanfaatkan perangkat TIK. Industri teknologi informasi dan komunikasi dunia sekarang ini telah bergerak ke arah mobilitas yang telah menembus batasan fisik, ruang dan waktu. Teknolgi telah memberikan banyak kemudahan karena telah mendorong terjadinya perubahan-perubahan penting di berbagai sudut dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar